MANFAAT DAHSYAT MADU KLANCENG BAGI TUBUH



Indonesia memiliki berbagai macam madu yang baik bagi kesehatan, namun apakah sobat sudah tahu madu klanceng? Madu klanceng, disebut juga teuweul (Sunda), kelulut (Melayu), trigona (Indonesia) cenderung memiliki rasa yang beragam seperti rasa asam (kecut), manis serta sedikit pahit. Madu yang dihasilkan klanceng memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Selain itu, harga jual madu lebah klanceng ini juga lebih besar.

 

Adapun beberapa khasiat luar biasa dari madu klanceng antara lain yakni sebagai obat untuk mengatasi asam lambung, penyakit maag, menurunkan tekanan darah tinggi dan baik untuk program hamil. Perlu kamu ketahui, sebenarnya ada tiga jenis lebah klanceng yang paling banyak dibudidayakan, antara lain:

 



1. Lebah Klanceng Laeviceps

Lebah ini merupakan khas dari Pulau Jawa. Ciri-ciri dari jenis laeviceps memiliki fisik yakni berukuran paling kecil dan berwarna hitam. Laeviceps memiliki pintu masuk bertanda propolis di lubang sarang saja, untuk membedakan pintu masuk dari koloni lebah klanceng lain.

 

Propolis yang digunakan berwarna cokelat muda dan lengket. Jebakan propolis di luar sarang berguna menghalau musuh alaminya seperti semut, cicak, dan laba-laba. Jenis klanceng Laeviceps ini sering menyerang koloni klanceng lain untuk diambil madunya.

 

2. Lebah Klanceng Itama

Memiliki ciri-ciri tubuh berukuran lebih besar dari jenis laeviceps, produktivitas madu dari jenis itama juga lebih besar. Sarangnya, terdiri dari terompet trigona, batumen, pot telur, pot polen, pot madu dan larva.

 

Terompet Itama berwarna hitam kecokelatan menonjol dengan lubang sebagai jalan menuju pintu masuk sarang mirip corong. Terompet lebah klanceng Itama dilengkapi beberapa jebakan propolis berwarna kecoklatan yang lengket.

 

3. Lebah Klanceng Biroi

Jenis lebah ini berasal dari endemik Sulawesi. Lebah yang satu ini juga memang tidak menyengat, tetapi sangat agresif. Biroi memiliki ciri-ciri tubuh sangat mirip Laeviceps, namun sedikit lebih kecil dan thorax bagian belakangnya sedikit berbulu serta mengeluarkan bau khas tubuhnya.

 

Selain 3 jenis tersebut, sebenarnya masih banyak jenis lebah klanceng lain. Namun saat ini keberadaannya sudah sulit ditemukan.

 

Pembudidayaan Klanceng

Namun produktivitas madu lebah klanceng ini tergolong sangat rendah. Selain itu, jika ingin membudidayakan lebah klanceng ini harus diperhatikan beberapa hal diantaranya yaitu terkait cuaca. Itu karena lebah klanceng tidak menyukai tempat yang terlalu panas dan juga terlalu lembab. Selain itu, lokasi sarang atau stup harus diletakkan di tempat yang teduh dan gelap.

 

Biasanya, untuk mendapatkan nektar, lebah klanceng lebih menyukai bunga-bunga yang berasal dari alam. Kemudian untuk bee pollennya, lebah klanceng akan mengambil putik dan benang sari dari tanaman. Tidak seperti lebah jenis lainnya yang bisa dengan menambahkan gula atau sari tebu untuk tambahan makanannya.

 

Sumber :

https://peternakan.sariagri.id/78746/mengenal-lebah-madu-klanceng-yang-dinilai-punya-manfaat-dahsyat-bagi-tubuh

 

6 Fakta Menarik Madu Klanceng

Ada beberapa fakta menarik seputar madu klanceng atau madu trigona yang dapat kamu ketahui. Fakta-fakta madu klanceng ini disampaikan langsung oleh Kelingi, peternak lebah di di Desa Batu Katak, Langkat, Sumatera Utara. Mulai dari rasa, harga, hingga kebenaran manfaatnya, simak enam fakta madu klanceng berikut ini.

 

1. Madu klanceng dari lebah trigona

Jenis lebah berbeda, menghasilkan madu yang berbeda, termasuk madu klanceng. Madu klanceng dihasilkan dari lebah lanceng atau Apis Trigona, seperti disampaikan Kelingi saat ditemui dalam Familiarization Trip Ekowisata oleh DESMA Center, proyek pembangunan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia pada Jumat (23/9/2022).

 

2. Tekstur madu klanceng cair

Madu umumnya dikenal memiliki tekstur kental. Namun, tekstur madu klanceng sedikit berbeda. Tekstur madu klanceng tidak kental, madu berwarna coklat ini teksturnya cenderung cair dibandingkan madu lainnya.

 

3. Rasa madu klanceng manis asam

Menurut Kelingi, rasa madu klanceng tidak hanya manis. Ia menggambarkan cita rasa madu klanceng yang "nano-nano". Pasalnya, rasa manis, asam, dan asin menyatu di lidah saat mengonsumsi madu klanceng.

 

4. Punya banyak manfaat

Salah satu keunggulan madu klanceng adalah manfaatnya untuk kesehatan. Hal ini menjadi alasan banyak orang mengonsumsinya. Kelingi menuturkan, madu klanceng bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, mengatasi susah tidur, dan menjaga stamina.

 

5. Harga madu klanceng relatif mahal

Harga madu klanceng relatif mahal bila dibandingkan dengan madu biasa. Bukan tanpa sebab, Kelingi menjelaskan alasan mahalnya madu klanceng. Menurut dia, membutuhkan banyak lebah Apis Trigona untuk menghasilkan madu klanceng karena ukuran lebahnya yang kecil.

 

6. Ada aturan minumnya

Minum madu klanceng tidak boleh sembarangan, apalagi bila ingin mendapatkan khasiatnya untuk tubuh. Madu klanceng bisa diminum satu hingga dua kali sehari. Cukup satu kali bila sedang sehat, dua kali sehari jika sedang sakit. Satu sendok makan madu klanceng bisa dicampur dengan segelas air putih atau teh, diaduk, lalu diminum sebelum tidur.

 

Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/10/04/103100575/6-fakta-menarik-madu-klanceng-dari-jenis-lebah-hingga-manfaatnya?page=all#page2.

 

 

14 Manfaat Madu Kelulut bagi Kesehatan

 

Madu kelulut adalah salah satu jenis produk lebah yang mungkin cukup jarang terdengar. Madu yang memiliki nama lain stingless bee honey atau madu meliponin ini berasal dari lebah Trigona itama dan Trigona thoracica. Jika dibandingkan dengan madu biasa, madu kelulut memiliki beberapa keunggulan. Salah satu keunggulan tersebut adalah memiliki kadar air yang lebih tinggi.

 

Selain itu, madu jenis ini juga memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan total karbohidrat lebih rendah. Atas dasar itu, manfaat madu kelulut bagi kesehatan tubuh juga cukup beragam. Apa saja? Berikut penjelasannya:

 

1. Baik untuk Penyembuhan Luka

Meski mekanismenya belum diketahui pasti, mengaplikasikan madu jenis ini pada luka sebagai salep tipis dianggap bisa membantu mempercepat penyembuhan. Selain itu, mengaplikasikan madu kelulut pada kulit disebut-sebut dapat menunjang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

 

2. Membantu Mencegah Infeksi

Penggunaan madu kelulut dikatakan dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Hal tersebut konon berkat kandungan antioksidan, antibakteri, dan antiradang yang ada di dalam madu kelulut.

 

3. Mengatasi Peradangan

Anda mungkin baru tahu bahwa madu kelulut juga berkhasiat untuk menangani peradangan. Hal tersebut karena madu jenis ini mengandung antioksidan kuat yang mendukung efek antiradang pada tubuh.

 

4. Menangkal Radikal Bebas

Madu kelulut mampu menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. Jenis madu ini juga diyakini mampu mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk menangkal dampak buruk yang ditimbulkan radikal bebas.

 

5. Mencegah Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan kuat yang ada di dalam madu kelulut dipercaya bermanfaat untuk menangkal dampak buruk radikal bebas. Dengan demikian, jenis madu itu dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit kronis.

 

6. Menurunkan Risiko Kanker

Madu kelulut dikatakan mampu mencegah pertumbuhan kanker. Hal ini lagi-lagi diperoleh dari antioksidan dan antiradang yang terkandung dalam madu ini. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang mekanisme pencegahan kanker oleh madu jenis ini.



7. Menurunkan Berat Badan

Sampai sekarang, obesitas merupakan masalah kesehatan yang menyelimuti hampir seluruh dunia. Kondisi berat badan berlebih juga menjadi faktor risiko timbulnya berbagai penyakit mematikan. Sebuah uji coba pada tikus menunjukkan, madu kelulut memiliki efek antiobesitas. Hal ini ditunjukkan dengan berkurangnya jumlah sel adiposity atau sel lemak dalam tubuh tikus yang diberikan madu kelulut.

 

Namun, manfaatnya bagi manusia masih tanda tanya. Diperlukan penelusuran lebih lanjut untuk mengetahui khasiat madu kelulut untuk menurunkan berat badan pada manusia.

 

8. Agen Antibakteri Alami

Madu kelulut memiliki efek antibakteri. Hal ini karena kandungan hidrogen peroksida yang tinggi dan ekstrak fenolik di dalamnya. Kedua kandungan tersebut dikatakan ampuh untuk mengatasi empat jenis bakteri gram positif dan dua jenis bakteri gram negatif.

 

9. Memperkuat Sistem Imun

Sistem imun yang kuat dapat mencegah berbagai macam penyakit, termasuk flu dan batuk. Efek imunomodulator dalam madu kelulut diyakini bisa membantu memperkuat sistem imun, sehingga mencegah penyakit-penyakit tersebut.



10. Berpotensi Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu komponen madu kelulut, yaitu fenilalanin, disebut dapat meningkatkan kerja dari senyawa yang bertanggung jawab terhadap aktivitas listrik otak. Karenanya, kandungan ini bisa memperbaiki memori otak. Tidak hanya itu, ada pula temuan yang menunjukkan bahwa madu jenis ini bisa meredakan gangguan kecemasan.

 

11. Memiliki Efek Antiaging

Radikal bebas tidak hanya memengaruhi tubuh dengan mencetuskan berbagai penyakit kronis. Radikal bebas juga menyebabkan penuaan pada kulit. Hal ini tentu dapat mengganggu penampilan Anda. Sebagai sumber antioksidan alami, madu kelulut bisa bermanfaat untuk mencegah penuaan dengan menangkal radikal bebas pada kulit. Hasilnya, kulit akan tampak awet muda.



12. Baik untuk Penyandang Diabetes

Madu yang satu ini memiliki efek menghambat enzim alfa amylase dan alfa glukosidase yang lebih baik. Kedua enzim tersebut bertugas untuk memecah karbohidrat menjadi molekul gula sederhana, sehingga penyerapan gula juga meningkat. Oleh karena itu, madu kelulut memiliki khasiat bagi penderita diabetes. Sebab, madu jenis ini dapat menjaga agar kadar gula darah tidak meningkat drastis.

 

13. Menurunkan Kolesterol

Selain mengontrol gula darah, madu kelulut juga memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh. Selain itu, khasiat lain dari madu kelulut adalah meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

 

14. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dengan potensinya membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), konsumsi rutin madu kelulut diyakini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Seperti yang diketahui, kolesterol merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan serangan jantung akibat sumbatan pembuluh darah.

 

Demikian penjelasan mengenai khasiat madu kelulut bagi kesehatan. Kebanyakan dari khasiat tersebut memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut pada manusia. Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi jenis madu ini. Yang penting, hindari konsumsi berlebihan dan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter guna menghindari efek samping merugikan.

 

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/kenali-madu-kelulut-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan

 

Langkah Mudah Budidaya Lebah Trigona Bagi Pemula

 

Anda sedang mencari peluang bisnis yang menjanjikan di bidang peternakan? Berternak lebah madu trigona bisa menjadi solusinya. Sebelumnya tentu saja Anda harus membekali diri dengan mengetahui cara budidaya lebah madu trigona yang baik dan benar agar hasilnya maksimal. Banyak orang yang lebih mengenal lebah trigona ini dengan nama lebah klanceng. Istimewanya lebah jenis ini mampu mengumpulkan nektar dari bunga yang jarang dijangkau lebah jenis lain sehingga madunya cukup berbeda.

 

Hal terbaik untuk memulai budidaya lebah madu trigona adalah dengan mengetahui caranya. Beberapa langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut ini:

 

1. Mendapatkan koloni induk

Langkah pertama budidaya lebah madu trigona yang pertama adalah dengan mendapatkan koloni induk dengan mencarinya di hutan atau sekitar kebun. Anda harus mengamati aktivitas lebah di sekitar sarang dan menemukan di mana mereka tinggal.

 

Beberapa tempat yang biasanya dipilih sebagai tempat tinggal koloni adalah di pohon atau bambu yang berlubang dan berongga. Biasanya ukuran lubangnya sekitar 1 hingga 2 cm dan di sekelilingnya terdapat getah kering berwarna coklat kehitaman.

 

2. Pemindahan koloni lebah trigona

Setelah mendapatkan koloni induk lebah yang berasal dari alam, cara budidaya lebah madu trigona selanjutnya adalah memindahkannya ke stup. Langkah-langkahnya adalah sebagai dengan memindahkan koloni ke sarang baru dengan membelah bilah bambu atau batang pohon sebelumnya. Lakukan dengan perlahan agar isinya yang berupa ratu, koloni dan telur dalam keadaan aman.

 

3.Tutuplah stup dengan bekas getah propolis

Setelah dipindahkan, tutuplah stup dengan mengoleskan bekas getah propolis dari sarang lama ke sarang yang baru. Lakukan hal ini di bagian yang digunakan keluar masuk agar para lebah pekerja mengenali sarang barunya. Cara ini akan memudahkan Anda dalam pemindahan koloni dan lebih baik dilakukan saat sore hari agar koloni lebih cepat memasuki stup yang baru.

 

4. Pemilihan tempat budidaya

Untuk memilih tempat budidaya, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Yang utama, pilihlah daerah yang sumber pakannya memadai. Daerah yang direkomendasikan terdapat jenis bunga atau tanaman yang menghasilkan nektar dan juga serbuk sari yang cukup. Pilih juga daerah yang memiliki banyak cadangan air karena berguna untuk mengencerkan madu untuk makan larva.

 

Air ini dapat diperoleh dari sumber air ataupun embun yang menempel pada daun. Jangan lupa juga jauhkan tepat budidaya lebah madu trigona dari daerah pertanian yang menggunakan pestisida. Bila produksi madu terkontaminasi pestisida, kualitas pollen dan juga propolis akan menurun kualitasnya.

 

5. Pemeliharaan

Cara budidaya lebah madu trigona tidak lepas dari tata cara pemeliharaan. Beberapa cara yang harus dilakukan adalah membersihkan stup dan lingkungan dari kotoran agar tidak ada yang mengganggu lebah. Selanjutnya, jagalah lebah madu trigona dari berbagai gangguan serangga seperti tawon liar, laba-laba atau semut.

 

Jangan lupa juga jauhkan dari berbagai hewan unggas terutama ayam. Lakukan pengecekan koloni lebah 2 minggu sekali atau sebulan sekali agar terpantau kesehatan dan perkembangannya.

 

6. Pemanenan

Waktu pemanenan yang ideal adalah sekitar setiap 3 bulan karena sarang madu dan juga bee bread penuh. Saat akan melakukan pemanenan, gunakan peralatan yang bersih tanpa memeras dan pastikan lebah ratunya tidak terganggu atau terangkat.

 

Jangan ambil semua sarang yang berisi madu karena akan digunakan sebagai cadangan makanan untuk koloni lebah. Saring madu di wadah yang bersih dan setelah itu dapat disaring lagi untuk menghilangkan kotorannya. Kemas madu ke dalam botol dan tutup dengan rapat agar tidak terkontaminasi.

 

Ternyata cara budidaya lebah madu trigona tidaklah sulit. Anda dapat mencobanya agar segera mendapatkan hasilnya. Semoga cara yang sudah dipaparkan ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha ternak lebah.

 

Sumber : https://starfarm.co.id/budidaya-lebah-trigona/

 

 

Komentar

Postingan Populer