KENALI BUNGA AIR MATA PENGANTIN SEBAGAI PAKAN TRIGONA


Oleh: Tanti Malasari

 

Apakah sobat pernah mendengar nama bunga air mata pengantin? Dalam bahasa Inggris, bunga ini lebih dikenal dengan nama coral vine. Jika dilihat secara spesifik, tanaman ini sangat mudah dikenali berkat warnanya merah muda atau juga bunga air mata pengantin putih. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi rumah.

 

Pada dasarnya tanaman ini tergolong sebagai tanaman merambat. Habitatnya adalah tropis dan subtropis, maka tak heran jika bunga ini banyak diburu untuk dijadikan tanaman hias. Selain cantik, harga bunga air mata pengantin ini juga sangat terjangkau. Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di banyak toko tanaman hias.

 

Fakta Bunga Air Mata Pengantin

 

1. Berasal dari Meksiko

Bunga yang punya nama latin Antigonon leptopus ini, sebenarnya berasal dari Amerika Tengah atau lebih tepatnya Meksiko. Namun, kini ia sudah banyak ditemukan di daerah seperti Asia, Afrika, Karibia, dan Amerika salah satunya Indonesia.

 

2. Mudah tumbuh dengan lebat

Bunga air mata pengantin adalah tanaman yang berasal dari keluarga Polygonaceae. Dalam pertumbuhannya tanaman ini tergolong sangat cepat dan mudah tumbuh dengan sangat lebat. Ditambah lagi, tanaman ini tumbuh secara merambat, sehingga tidak memerlukan lahan yang luas.

 

Tanaman ini banyak dijumpai di pekarangan rumah banyak orang. Namun harus diingat, agar tanaman ini tumbuh rimbun, kamu jangan lupa untuk memangkasnya, setidaknya satu kali dalam seminggu atau dua minggu.

 

3. Memiliki tiga spesies

Berdasarkan jenisnya, tanaman air mata pengantin ini memiliki tiga spesies, yakni Antigonon guatemalense, A. flavescens, dan A. leptosus. Warnanya sangat beragam dan juga cantik, sehingga membuatnya disukai oleh kupu-kupu dan beberapa serangga lainnya.

 

4. Memiliki alat lilitan

Keunikan lain dari tanaman ini yakni memiliki alat pada batangnya, yang digunakan untuk membelit media rambatan sehingga tanaman ini bisa tetap tumbuh dengan tegak. Selain itu, batang dari tanaman air mata pengantin juga memiliki batangnya memiliki rusuk sepanjang 3 hingga 6 cm. Mahkota bunganya hanya berjumlah lima helai dengan panjang sekitar 7 mm. Daun tanaman ini juga berbentuk seperti jantung dan permukaannya tidak rata.

 

5. Mudah dikembangbiakkan

Selain tahan dan dapat hidup dengan baik di iklim dan daratan manapun, ternyata tanaman air mata pengantin juga mampu bisa ditanam dengan cara menggunakan bibit atau biji, stek batang, dan cangkok.

 

Dengan begitu, kamu tidak memerlukan bibit lagi untuk memperbanyak tanaman air mata pengantin. Meskipun terlihat cukup rumit dengan mencangkok atau menstek batang, namun memperbanyak tanaman ini tidak memerlukan biaya lagi.

 

6. Kuat dan mudah beradaptasi

Keunggulan dari tanaman ini adalah mampu bertahan pada berbagai habitat, bahkan di tebing ataupun tepi pantai. Ia juga bisa tumbuh dengan baik pada dataran tinggi ataupun rendah. Ia juga menyukai tanah yang subur dan berdrainase baik di tempat yang cerah. Bahkan di alam liar, tanaman belukar ini bisa tubuh pada ketinggian hingga 1.500 meter di Guatemala.

 

7. Dijadikan sebagai obat diabetes

Tahukah kamu, selain cantik manfaat bunga air mata pengantin bisa digunakan sebagai bahan pengobatan herbal untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mampu dijadikan sebagai obat penyakit diabetes dan menjaga fungsi hati.

 

8. Menjaga keseimbangan hama dan predator

Keunikan lain bunga air mata pengantin adalah dapat menjaga keseimbangan hama dan predator, sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan bahan kimia atau pestisida untuk mengusir hama.

 

Sumber : https://hortikultura.sariagri.id/91047/8-fakta-menarik-bunga-air-mata-pengantin-apa-saja

 

Trigona dan Air Mata (Kebahagiaan) Pengantin

 

Keduanya suka hidup berdampingan di rumah-rumah. Selain sebagai tanaman hias yang cantik, bunga air mata pengantin merupakan sumber pakan lebah trigona. Nilai ekonomi yang tinggi pun diraih warga yang memadukan dua flora-fauna ini.

 

Dari Lampung M. Ridwan melaporkan; di sebuah desa, rumah-rumah semarak dirimbuni bunga air mata pengantin. Tanaman hias nan cantik – berwarna merah muda itu, merupakan sumber pakan lebah trigona, atau kelulut. Diketahui bahwa Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KU PS) di kawasan tersebut mengembangkan lebah madu  klenceng (trigona). Alhasil, selain warganya sejahtera sebagai dampak peningkatan ekonomi dari madu, perkampungan  pun tampak asri dengan rimbunnya tanaman hias air mata pengantin yang indah.

 

Kenapa disebut ‘air mata pengantin?

Mengutip dari laman gaya hidup  viva.co.id, air mata digambarkan sebagai simbol bahagia bagi pasangan yang baru menikah. Oleh sebab itu, tak jarang pada resepsi pernikahan ada menu es air mata pengantin. Berhubung pernikahan identik dengan kebahagiaan, maka tanaman yang dijadikan minuman ini lambat laun disebut sebagai ‘bunga air mata pengantin’.

 

Selain indah dan bisa mengusir hama, tanaman air mata pengantin dapat dijadikan obat herbal. Tanaman ini pun dipercaya mampu mengatasi diabetes dan menjaga fungsi hati. Bunga air mata pengantin ini pernah jadi tanaman favorit untuk dirambatkan pada pergola atau sebagai ’tirai’ peneduh di teras rumah. Sehingga bibit tanaman ini termasuk yang dicari oleh kaum green lifestyle.

 

Apa hubungannya dengan lebah trigona?

Baik bunga air mata pengantin mau lebah trigona, keduanya sama-sama hidup berdampingan di sekitar rumah penduduk. Madu yang terdapat pada bunga air mata pengantin merupakan sumber pakan yang sangat disukai oleh lebah trigona.

 

Tak banyak yang mengusahakan jenis madu ini, karena produksinya yang rendah. Maka jangan heran jika harganya jauh lebih mahal dibanding madu biasa. Selain itu kandungan nutrisinya sungguh hebat. Baik royal jelly, be pollen serta zat lain dalam madu trigona, jumlahnya jauh lebih tinggi ketimbang madu pada umumnya.

 

Mengutip dari laman feelnenews.com, bahwa madu lebah trigona mengandung zat afrodisiak yang tinggi. Bisa meningkatkan stamina pria, tahan lama di ranjang, bahkan menyembuhkan impoten. Wah, wah….?!

 

Sumber : https://greenindonesia.co/2023/02/trigona-dan-air-mata-kebahagiaan-pengantin/

 

Komentar

Postingan Populer