MADU JADI TERAPI EFEKTIF UNTUK OSTEOPOROSIS



Penulis: Dr. Ira Sari Yudaniayanti, MKes., drh.

 

Saat ini osteoporosis merupakan salah satu masalah kesehatan dunia yang terbesar. Menurut WHO, penyakit ini termasuk 10 besar penyakit degeneratif. Sekitar 200 juta wanita di dunia menderita osteoporosis, sedangkan di Indonesia angka kejadiannya mencapai 41.75 persen. Pengkeroposan tulang rentan terjadi pada wanita setelah menopouse sehingga menyebabkan peningkatan resiko patah tulang, hambatan pergerakan tubuh, ketergantungan terhadap orang lain, gangguan psikologis hingga penurunan kualitas hidup.

 

Penurunan kepadatan tulang berlangsung progressif selama beberapa tahun tanpa menunjukkan gejala klinis yang jelas, sehingga sering kali diabaikaan dan baru diketahui adanya osteoporosis setelah terjadi patah tulang. Penurunan hormon esterogen pada wanita yang mulai menopuse atau menjalani operasi pengangkatan indung telur akan mengakibatkan peningkatan kadar stress oksidatif dalam sel, hal ini menurunkan pembentukan osteoblast tulang, diikuti dengan peningkatan diferensiasi osteoclast yang secara langsung memicu penyerapan mineral dari tulang.

 

Penggunaan suplemen hormon esterogen sangat tidak disarankan dalam kasus ini meskipun defisiensi esterogen merupakan penyebab osteoporosis. Penggunaan hormon reproduksi dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan terjadinya kanker payudara, kanker endometrial, dan perdarahan pada organ reproduksi. Obat-obatan anti resorpsi umumnya digunakan untuk terapi osteoporosis, akan tetapi jenis obat ini pun masih memiliki efek samping yang kurang menguntungkan pasien, yaitu hambatan proses pembentukan tulang. Berbagai studi tentang osteoporosis masih terus dilakukan oleh para peneliti di dunia dengan harapan kelak bisa didapatkan metode atau bahan pengobatan yang alami, murah, dan efektif untuk mencegah serta mengatasi osteoporosis.

 


Peneliti dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (FKH UNAIR) berhasil menemukan obat alami untuk kasus osteoporosis, yakni dengan menggunakan madu lebah Apis dorsata. Penelitian ini telah diujicobakan pada tikus yang diambil indung telurnya sebagai model menopouse, sehingga terjadi penurunan esterogen secara drastis dalam tubuhnya dan memicu osteoporosis. Hasilnya pemberian madu 2 g/kg berat badan terbukti mampu mencegah penurunan densitas tulang dan meningkatkan kekuatan tulang sehingga tidak mudah patah atau retak.

 

Madu berpotensi besar menjadi obat anti-osteoporosis. Di dalamnya terkandung α-Cyclodextrin yang memiliki efek prebiotik, menurunkan aktivitas penyerapan jaringan tulang. Selain itu, madu mengandung flavonoid, lebih dari 150 polifenol seperti asam fenol, flavonols, catechins dan derivat asam cinnamic. Flavonoid tersebut bekerja sebagai anti oksidan dan anti inflamasi sehingga dapat melindungi kerusakan sel tulang. Flavonoid juga dapat memicu peningkatan aktivitas pembentukan osteoblast dan menekan jumlah osteoclast dengan memperkuat kinerja imunitas tulang.(*)

 

Sumber : https://news.unair.ac.id/2019/10/17/madu-jadi-terapi-efektif-untuk-osteoporosis/?lang=id

 

 


Superfood Terbaik, Khasiat Tempe Madu untuk Atasi Osteoporosis, Begini Cara Mengonsuminya

 

Oleh : Rosikhan Anwar

 

Tempe, makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Tempe telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari berbagai hidangan tradisional. Namun, mungkin Anda belum menyadari betapa hebatnya tempe, terutama dalam mengatasi masalah kesehatan seperti osteoporosis.

 

Penyakit osteoporosis ternyata bisa disembuhkan dengan mengonsumsi tempe. Osteoporosis adalah kondisi medis yang ditandai oleh penurunan kepadatan dan kekuatan tulang, yang membuat tulang menjadi rapuh dan rentan terhadap patah tulang atau kerapuhan tulang yang lebih sering terjadi pada usia lanjut.

 

Osteoporosis terjadi ketika proses pembentukan tulang tidak seimbang dengan proses pelepasan atau penyerapan tulang. Hal ini mengakibatkan penurunan jumlah massa tulang dan kerapuhan yang signifikan. Dilansir dari kanal YouTube dr Zaidul Akbar Official, ia membahas manfaat kesehatan yang luar biasa dari tempe madu.

 

1. Kalsium Berkali Lipat

Dr. Zaidul menjelaskan bahwa tempe, terutama tempe madu, merupakan salah satu superfood terbaik di Indonesia. Kandungan kalsiumnya jauh lebih tinggi daripada kedelai biasa. Ini sangat penting untuk orang yang menghadapi masalah osteoporosis. Kalsium yang cukup dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah kerapuhan tulang.

 

2. Kandungan Potassium yang Tinggi

Selain kalsium, tempe juga mengandung potassium dalam jumlah yang signifikan. Potassium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung dan fungsi otot. Konsumsi tempe dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dan mengatur tekanan darah.

 

3. Kaya Akan Vitamin B12 dan Riboflavin

Salah satu hal menarik tentang tempe adalah kandungan vitamin B12 dan riboflavin di dalamnya. Vitamin B12 biasanya ditemukan dalam produk hewani, tetapi tempe menjadi alternatif yang baik untuk vegetarian. Vitamin B12 penting untuk fungsi tubuh yang sehat, termasuk pembentukan sel darah merah dan sistem saraf.

 

Cara Menikmati Tempe

Dr. Zaidul menyarankan agar kita menikmati tempe dengan cara yang sesederhana mungkin, tanpa perlu menggorengnya. Ini bertujuan untuk mempertahankan nilai gizi tempe secara maksimal. Salah satu cara favoritnya adalah membuat tempe salad dengan potongan tempe yang segar.

 

Campurkan tempe dengan jeruk nipis, garam, lada hitam, dan madu untuk memberikan rasa yang lezat dan sehat. Dia juga menekankan pentingnya tidak khawatir tentang masalah keamanan tempe. Fermentasi adalah proses alami yang aman, dan tempe yang dibuat dengan baik tidak akan menyebabkan masalah kesehatan seperti yang sering dikhawatirkan.***

 

https://www.suaramerdeka.com/gaya-hidup/0410206750/superfood-terbaik-khasiat-tempe-madu-untuk-atasi-osteoporosis-begini-cara-mengonsuminya

 


Madu🍯Babussalam adalah produk Pondok Pesantren Babussalam Ciburial Dago Bandung. Diambil langsung dari sarang lebah tanpa melalui pemrosesan sehingga terjamin keasliannya.


💸Madu Super:

250 gram : 100.000

500 gr : 185.000

1 kg : 350.000


Madu Trigona:

250 gram : 150.000


☎Pemesanan:

Umi Anna - 0816 4201465

Haitami - 0813 12322631

Komentar

Postingan Populer